Memuji dengan hati, Oleh : Rojikin, S.Pd (Pengurus JSIT Jogja, Guru SDIT Al-Khairaat)



Dalam dunia pendidikan reward (pujian) dan punishment (sanksi) menjadi teori yang kerap dilakukan oleh para guru dalam menguatkan model pembelajarannya, namun demikian para ahli pendidikan lebih menganjurkan reward sebagai respon bagi setiap perilaku yang ditunjukkan peserta didik. Pada prakteknya reward dapat berbentuk hadiah, gerakan tubuh seperti mengangkat ibu jari atau berupa pujian. Pertanyaannya adalah bagaimana reward itu agar efektif dan berkontribusi positif dalam mensukseskan pembelajaran ?.

Memuji dengan hati tentulah berbeda dengan memuji dalam hati. Memuji dengan cara yang kedua ini tidak akan memberikan dampak apa-apa karena memang pujian itu hanya di dalam hati yang tak terungkap dan terekspresikan. Sementara memuji dengan hati menunjukkan bahwa pujian itu tidak sekedar ungkapan kata-kata berbunga warna melainkan sebuah pujian yang tulus dengan segala gerakan tubuh yang menyertainya sehingga mampu membangkitkan motivasi anak untuk terus maju dan berkembang.



Tips cara memuji dengan hati diantaranya
      1.       Tersenyum saat memuji
Ini menunjukkan bahwa kita memujinya dengan ketulusan, penuh persahabatan dan keakraban.

      2.       Berhentilah sejenak dari aktivitas
Hindari memberikan pujian, sementara kita sambil jalan, sibuk menulis, sibuk membaca, sambil makan misalnya, karena itu tidak akan efektif. Artinya saat mengatakan kata-kata pujian kita harus focus meluangkan waktu yang special sekalipun hanya dalam hitungan detik.

      3.       Hadapkan wajah kita dan tataplah bola matanya
Mengapa ini penting ?. Karena dengan kita menatap bola matanya saat kita memuji, pujian itu akan masuk ke dalam hatinya yang kemudian berdampak positif pada kepercayaan dirinya.

      4.       Ungkapkan kata-kata super yang dapat mematik nyalinya
Menggunakan kata-kata pilihan yang istimewa akan menegaskan dirinya untuk menjadi seperti yang kita katakan. Misalnya : Hebat, pintar, cerdas, luar biasa…

      5.       Ekspresikan dengan semangat
Ekspresikan pujian kita dengan penuh kehangatan dan energy yang optimal.

Semoga Allah senantiasa membimbing kita dalam menyiapkan generasi ini
Wallahu Alam

Wakaf Pembangunan SDIT Al-Khairaat Kampus Warungboto

Alhamdulillah setelah berhasil membebaskan tanah seluas 500 m2 pada bulan Ramadhan 2012 M / 1433 H, Yayasan Pendidikan Dakwah Sosial Al-K...


VIRAL