PENGARUH KESHALIHAN ORANG TUA TERHADAP ANAK-ANAKNYA


Wahai Tuhan kami, masukkanlah mereka juga ke dalam surga Adn yang telah engkau janjikan dan orang-orang shalih dari bapak-bapak mereka, sesungguhnya Engkau adalah Dzat yang Maha Mulia lagi maha bijaksana” (Ghofir : 8)
Firman Allah di atas merupakan doa malaikat kepada orang-orang shalih dan orang tua mereka. Malaikat sangat peduli dengan orang shalih dan orang tua mereka, sehingga memintakan surga untuk mereka. Dari sini dapat kita fahami bahwa malaikat tidak hanya mendoakan orang yang shalih saja melainkan juga mendoakan orang tua mereka.  Nah, pertanyaan yang muncul kemudian adalah, mengapa malaikat sedemikian respek terhadap orang tua dari orang-orang yang shalih?

        Mendoakan orang yang shalih telah menjadi kebiasaan malaikat, karena malaikat di utus Allah untuk menjaga mereka. Namun mendoakan orang tua yang dilakukan malaikat adalah orang tua dari orang-orang yang shalih. Karena keshalihan orang tua membawa pengaruh yang besar bagi pembinaan jiwa anak. Sehingga Rasulullah SAW bersabda sebagaimana yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dan tirmidzi, “Fitnah seseorang itu ada pada pasangan, harta, anak, dirinya dan tetangga. Itu dapat ditanggulangi dengan berpuasa, shalat, shadaqah dan melakukan amar ma’ruf dan nahi munkar.”
        Yang dimaksud dengan fitnah di atas adalah bahaya menyimpang dari perintah Allah atau hal-hal yang menjadi aturan Allah. Nah, agar kita berada di dekat orang-orang yang tidak menyimpang dari perintah Allah, maka perbanyaklah amal shalih. Kalau kita banyak berbuat amal shalih, maka kita akan dapat mengatasi pasangan, harta, anak, didir sendiri dan tetangga yang menyimpang dari perintah Allah. Wallahu a’lam bishawab.

Wakaf Pembangunan SDIT Al-Khairaat Kampus Warungboto

Alhamdulillah setelah berhasil membebaskan tanah seluas 500 m2 pada bulan Ramadhan 2012 M / 1433 H, Yayasan Pendidikan Dakwah Sosial Al-K...


VIRAL