Konsultasi Islam dengan Ust. Ahmad Khudhori, Lc


Pertanyaan :
Assalamualaikum  wr.  Wb.

Ustadz, saya mau tanya, Selama ini saya sering menjalankan puasa sunah hari lahir, kebetulan hari lahir saya hari minggu, saya pernah dengar soal puasa hari lahir ini dan pernah dengar kalau Nabi Muhammad sering berpuasa hari lahir, apakah benar ustadz, adakah hadis mengenai puasa hari lahir ini, mohon di jawab dengan keterangan yg lengkap. 
terima kasih ustadz


Jawaban :
Assalamu alaikum wr.wb. 
Semoga Allah mencurahkan nikmat-Nya kepada kita semua.
Tidak ada satupun dalil, baik yang berasal dari Al-quran maupun Hadis, yang menganjurkan kita untuk berpuasa di hari lahir. 


Kalaupun Rasul SAW. Biasa melakukan puasa pada hari senin yang menurut sebuah riwayat merupakan hari lahir beliau namun beliau berpuasa pada hari tersebut bukan karena hari senin merupakan hari lahir beliau. Akan tetapi, karena pada hari tersebut amal-amal dihamparkan di hadapan Allah. Hal ini sebagaimana disebutkan oleh Rasul SAW. “Amal hamba dihamparkan pada hari senin dan kamis. Aku ingin amalku dihamparkan sementara aku dalam kondisi puasa.” (HR Abu Daud). 
Wallahu a'lam bish-shawab. 
Wassalamu alaikum wr.wb


Wakaf Pembangunan SDIT Al-Khairaat Kampus Warungboto

Alhamdulillah setelah berhasil membebaskan tanah seluas 500 m2 pada bulan Ramadhan 2012 M / 1433 H, Yayasan Pendidikan Dakwah Sosial Al-K...


VIRAL